4 Keindahan Tempat Wisata di Makassar

Keindahan Tempat Wisata di Makassar

Makassar adalah tempat populer dengan wisata kuliner khasnya yang enak, pisang epe serta coto ini mempunyai beberapa obyek wisata yang indah. Ada di pesisir Pulau Sulawesi, kota ini popular dengan Pantai Losarinya. Tetapi nyatanya Makassar masihlah tetap menjadi kota yang mempunyai bermacam obyek wisata andalan, dari mulai pantai sampai dataran tingginya. Jangan pernah waktu ada di Makassar, Anda tidak paham mesti ke manakah.

Tempat Wisata Indah di Makassar yang Harus Dikunjungi

Supaya tidak menyesal sebab melupakan beberapa hal menarik waktu bertandang ke Makassar kelak, tersebut 4 Keindahan Tempat Wisata di Makassar yang harus masuk ke agenda berlibur Anda:

1. Pantai Losari

Pantai Losari
Pantai Losari

Singgah ke pantai yang ada di Jalan Penghibur ini telah jadi pekerjaan harus buat tiap-tiap pengunjung yang hadir ke Makassar. Obyek wisata andalan ini mempunyai kekhasan sendiri. Bila umumnya pantai diketahui dengan pasirnya, Pantai Losari tidak mempunyai pasir. Bila Anda hadir, Anda akan menjumpai beton di tepiannya. Tidak ada pasir bukan bermakna pantai ini tidak wajar didatangi, terdapat beberapa hal-hal lain yang menarik dari obyek wisata ini.

Di sini, Anda dapat lakukan beberapa hal yang paling menyenangkan seperti memancing, menaiki sepeda air atau banana boat, berlayar dengan perahu serta ada banyak kembali. Apakah perihal menarik yang lain dari satu obyek wisata? Tentunya kulinernya. Terdapat beberapa hidangan kuliner ciri khas asli Makassar yang dapat Anda nikmati di sini, dari mulai pisang epe, coto, sop konro s/d es pallu butung.

Obyek wisata di Makassar ini sangatlah ramai didatangi sehari-hari terpenting waktu akhir minggu. Saat pagi hari, banyak yang membuatnya menjadi trek jogging, sedang pada sore hari, banyak yang menanti peristiwa matahari tenggelam sekalian berwisata kuliner di sini.

2. Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam
Benteng Rotterdam

Benteng Rotterdam atau yang biasa disebut Fort Rotterdam ini ada tidak jauh dari lokasi Pantai Losari. Benteng ini adalah salah satunya peninggalan riwayat Kerajaan Gowa-Tallo yang dibuat pada tahun 1545 oleh raja ke-9. Sebelumnya, benteng dibuat dengan memakai tanah liat serta putih telur, sampai lalu bangunan disempurnakan oleh raja ke-14.

Bila disaksikan dari atas, bentuk benteng ini mirip seekor penyu yang tengah merangkak mengarah laut. Penyu diambil sebab binatang ini bisa hidup di air serta di darat, perihal ini sama dengan Keajaan Gowa-Tallo yang telah berjaya di lautan ataupun daratan.

Nama awal dari benteng ini ialah ‘Benteng Ujungpandang’ sampai saat benteng ini jatuh ke tangan Belanda serta bertukar nama jadi Fort Rotterdam. Nama ini jadi popular sampai saat ini. Pada jaman Belanda, benteng ini dipakai menjadi area untuk menyimpan rempah-rempah hasil rampasan dari Indonesia sisi timur.

Di kompleks benteng, ada 13 bangunan menarik serta lima buah menara dengan satu menara di pintu masuk, sedangkan keempat buah menara yang lainnya berada di tiap-tiap pojok sudut lokasi benteng. Ada pula satu museum yang dimaksud Museum La Galigo yang berisi koleksi beberapa benda bekas kebesaran kerajaan dulu. Diluar itu, ada satu ruang yang dipercaya menjadi tempat pengasingan Pangeran Diponegoro.

Obyek wisata ini membuka sehari-hari mulai jam 08:00 sampai 18:00 serta gratis. Sedang untuk museum, Anda dipakai cost ticket masuk sebesar 7.500 Rupiah per orang, Museum La Galigo membuka tiap-tiap Selasa – Minggu, mulai jam 08:00 sampai 12:30.

3. Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung
Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional Bantimurung ada di Kabupaten Maros atau seputar 45 kilo meter dari pusat Makassar. Obyek wisata ini luasnya sampai 43.750 hektar dengan wilayahnya yang melingkupi bukit kapur, air terjun dan gua.

Taman nasional ini pertama-tama diketemukan oleh seseorang pakar botani dari Inggris, Alfred Russel Wallace. Waktu itu, Wallace menyebutkan bahwa tempat ini menjadi kerajaan kupu-kupu sebab ada seputar 250 type kupu-kupu di sini. Kupu-kupu memang jadikan maskot buat obyek wisata ini. Di gerbang masuk Taman Nasional Bantimurung, ada satu patung unik kupu-kupu raksasa yang siap menyongsong pengunjung yang hadir.

Di sini, Anda dapat lihat beberapa type kupu-kupu dari mulai yang masih tetap berbentuk ulat, kepompong sampai menjadi kupu-kupu yang cantik. Ada pula koleksi kupu-kupu yang sudah diawetkan. Perihal mengasyikan lainnya yang dapat Anda kerjakan ialah bermain flying fox, berenang di kolam renang yang sudah disiapkan, bermain dibawah air terjun atau menjelajahi gua yang berada di lokasi ini.

Untuk masuk ke Taman Nasional Bantimurung, Anda akan dipakai cost 20.000 Rupiah per orang.

4. Tanjung Bira

Tanjung Bira
Tanjung Bira

Pantai ini ada cukuplah jauh yakni seputar 200 km dari kota Makassar. Jarak ini tidak akan bermakna waktu Anda telah menginjakkan kaki diatas pasirnya. Tanjung Bira populer dengan pasirnya yang sangat selembut serta seputih bedak bayi dan airnya yang jernih kebiruan. Pantai ini ternyata tidak kalah dengan keindahan alam raja ampat yang sudah dikenal dunia.

Keindahan obyek wisata ini tidak cuma diketahui oleh wisatawan domestik saja, tetapi ikut wisatawan mancanegara. Mereka biasa berenang, berjemur, snorkeling atau cuma duduk nikmati panorama keluar serta tenggelamnya matahari. Bila lupa membawa alat snorkeling, Anda dapat menyewanya seharga 30.000 Rupiah. Ada pula sepeda motor yang disewakan 65.000 Rupiah /hari untuk berkeliling-keliling lokasi pantai ini.

Sarana di sini cukuplah komplet, dari mulai restoran, penginapan dan kamar mandi untuk membersihkan diri sesudah berenang. Ticket berkunjung ke Tanjung Bira ini tidahlah mahah, hanya sekitar 5.000 Rupiah per orang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s